7 Tanda-tanda Melahirkan Sudah Dekat dan Tips Mempersiapkannya

HPL sudah dekat? Maka wanita sudah harus mulai mengurangi rutinitas hariannya, tidak hanya itu sebaiknya bagi yang bekerja juga sudah harus meminta cuti untuk melahirkan ini. Sehingga nantinya bisa lebih fokus pada kelahiran buah hati, tanpa stres karena pekerjaan. Apalagi pada dasarnya masa-masa melahirkan ini juga termasuk sebagai kondisi yang sangatlah rentan bagi seorang wanita, resikonya terbilang begitu besar, karena nyawalah yang nantinya harus Anda pertaruhkan di dalam ruang bersalin. Pastikan juga mengetahui tanda-tanda melahirkan, karena pada dasarnya waktu melahirkan tidak akan datang begitu saja, melainkan juga disertai dengan beberapa tanda agar nantinya bumil dapat bersiap-siap.

Banyak diantara wanita yang lebih memilih untuk menjalani program operasi caesar untuk kebutuhan kelahiran mereka, jika dibandingkan dengan melahirkan secara normal, hal ini juga sebenarnya bukan masalah, karena terkadang langkah operasi ini dilakukan dengan pertimbangan keamanan untuk keduanya, seperti pada kondisi kehamilan yang bermasalah, maka resiko untuk melahirkan secara normal juga tinggi. Jadi dokter memilih alternatif persalinan dengan operasi.

Tanda-tanda melahirkan ini umumnya akan ditandai dengan beberapa kondisi layaknya:

  1. Kontraksi, namun kontraksi palsu yang sering juga disebut sebagai braxton hicks, perut akan terasa kencang, namun hanya sesaat kemudian hilang lagi. Karena memang pada dasarnya kontraksi yang asli hanya terjadi ketika seseorang melahirkan saja, sedangkan ketika belum melahirkan, maka kontraksi yang dialami tersebut palsu.
  2. Rasa sakit atau nyeri punggung, kondisi yang dialami ini mirip dengan wanita yang sedang dalam masa PMS atau Pramenstruasi.
  3. Air ketuban mulai pecah, pecahnya air ketuban dijadikan sebagai salah satu tolak ukur bahwa bumil tersebut siap untuk melahirkan buah hatinya, jadi persalinan atau kelahiran si kecil juga akan menyusul setelahnya.
  4. Sulit untuk beristirahat, khususnya adalah tidur, wanita hamil yang sudah memasuki HPL mereka umumnya juga mulai kesulitan di dalam tidur, ini dikarenakan mereka yang gelisah jelang kelahiran buah hati tersebut. Namun usahakan untuk tetap beristirahat.
  5. Frekuensi untuk buang air kecil juga mulai meningkat, beberapa minggu sebelum bayi yang dikandung tersebut lahir, maka nantinya frekuensi buang air yang dialami juga akan semakin tinggi atau meningkat dari sebelumnya, karena pergerakan bayi ini nantinya akan membuatnya menekan bagian kandung kemih, sehingga lebih mudah merasakan ingin buang air kecil.
  6. Mulai keluar lendir dari vagina yang bercampur dengan bercak darah.
  7. Perubahan yang terjadi pada bagian serviks, membuatnya kian lunak dan juga elastis.

Jika sudah mulai merasakan beberapa tanda di atas, maka berikut ini diantaranya beberapa tips mempersiapkan persalinan atau kelahiran yang dapat Anda lakukan, yaitu:

  1. Bawalah tas berisi pakaian dan juga peralatan mandi bayi dari rumah untuk perawatan mereka di rumah sakit nantinya.
  2. Siapkan perlengkapan bayi.
  3. Bawa bantal dan juga selimut yang nyaman.
  4. Siapkan makanan ringan.
  5. Pastikan juga untuk membawa hiburan seperti buku ataupun majalah sesuai dengan selera Anda, untuk menemani waktu menunggu persalinan tersebut.

Jauh-jauh hari sebelumnya maka Anda sudah harus menentukan rumah sakit mana yang dipilih sebagai tempat bersalin, sehingga tidak kebingungan ketika waktunya sudah mulai tiba. Tanda-tanda melahirkan normal ini akan dirasakan oleh setiap bumil, artinya sudah memasuki waktu untuk kelahiran buah hati, jangan ditunda lagi langsung pergi ke rumah sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *